Thursday, March 8, 2007
MENGATASI JERAWAT
1. Hindari kebiasaan memencet jerawat. Kebiasaan ini hanya akan membuat jerawat semakin meradang dan menyebarkan bakteri serta minyak ke bagian wajah lainnya. Akibatnya, jerawat pun semakin menyebar di permukaan wajah. Lagipula, jerawat yang dipencet juga bisa menimbulkan luka yang sukar hilang.

2. Untuk mengurangi peradangan, cobalah kompres dengan es batu selama 30-60 detik, setiap 30 menit sekali. Pengompresan ini juga membantu untuk menghilangkan rasa nyeri yang kadang timbul.

3. Bila ingin menggunakan kosmetik, sebaiknya gunakan jenis kosmetik yang tidak mengandung minyak (oil-free) agar tidak semakin merangsang jerawat untuk meradang. Pastikan bahwa Anda membersihkan kosmetik dan wajah secara sempurna setiap kali mandi atau sebelum tidur untuk menghindari timbulnya jerawat baru.

4. Untuk mengurangi bengkak dan warna merah jerawat di wajah, Anda dapat menggunakan pasta gigi yang dioleskan di bagian jerawat sebelum tidur malam. Cara lain, dengan mengompres jerawat menggunakan kantung teh yang basah.

5. Kebersihan wajah harus selalu dijaga untuk menghindari timbulnya jerawat. Untuk itu, biasakan membersihkan wajah sebanyak 2-3 kali sehari dengan menggunakan sabun lembut atau sabun khusus jerawat.

6. Steam wajah Anda setidaknya seminggu sekali untuk menghindari timbulnya jerawat. Caranya dengan menggunakan kain yang telah direndam ke dalam air hangat, kemudian ditekan ke seluruh permukaan wajah selama beberapa saat. Setelah itu, gunakan air dingin saat membasuh wajah untuk menutup pori-pori wajah. ADT
 
posted by Nio Rizki at 1:04 AM | Permalink |


0 Comments: